Profil

SAMBUTAN KEPALA SEKOLAH

SMAN 1 pontianak memberikan kualitas Pendidikan Terbaik di Indonesia!

Assalamualaikum warahmatulahi wabarkatuh

Salam sejahtera untuk kita semua.

Web sekolah memiliki peran penting sebagai media berbagi informasi kepada warga sekolah, masyarakat, dan pemangku kepentingan lainnya, terkait beberapa hal, diantaranya: aktivitas pembelajaran, program-program sekolah, prestasi sekolah dan warga sekolah.

Oleh karena itu, dipandang perlu untuk memperbaharui web SMAN 1 Pontianak dengan harapan dapat memberikan informasi-informasi terkini mengenai sekolah dengan lebih baik dari sebelumnya.

Web SMAN 1 Pontianak ini juga merupakan wadah bagi bapak ibu guru, para siswa, dan warga sekolah lainnya untuk berbagi pelaksanaan praktik baik yang selama ini dilakukan sehingga dapat menjadi motivasi untuk kita semua dalam meningkatkan kualitas pendidikan di SMAN 1 Pontianak sebagai upaya pencapaian visi dan misi sekolah.

Trimakasih yang sebesar-besarnya untuk pihak-pihak yang sudah memberikan kontribusi dalam pengembangan dan pemanfaatan web sekolah ini. Kritik dan saran yang konstruktif kami perlukan untuk web sekolah yang lebih berkualitas.

Wassalamualaikum warahmatulahi wabarakatuh.

 

Kepala Sekolah

Sejarah Singkat

1953

Pada tahun 1953, di Kalimantan Barat baru ada SLTA yang berstatus swasta dan di dalamnya ada dua jenis sekolah, yaitu SMA dan SGA Pontianak. Dua tetapi satu atau satu tetapi dua, sekolah itu bernaung di bawah lingkungan “ YAYASAN PENDIDIKAN KALBAR “ dengan menumpang di gedung SEKOLAH RAKYAT Kampung Bali. Gedung ini tidak ada lagi bekas-bekasnya, sekarang sudah menjadi komplek rumah toko.

Atas tuntutan yang diajukan kepada Residen Bambang Soeparto dan Wali kota Soemartojo pada tanggal 14 September 1953, sekolah tersebut dialih statusnya menjadi Sekolah Negeri dan merupakan dua anak kembar yang kelak menjadi SMA Negeri 1 Pontianak dan SPG Negeri Pontianak.

1954

Pada tahun 1954, kedua anak kembar tersebut berpindah tempat dari sekolah rakyat Kampung Bali ke SMP Negeri di Jalan Bintara (sekarang SLTP Negeri 1 Jalan Urip Soemoharjo) dengan waktu belajar sore sampai malam hari. SGA menempati lantai bawah, keduanya dipimpin oleh seorang kepala sekolah yaitu Bapak Djaisman.

1955

Pada tahun 1955 atas prakarsa “ YAYASAN KARET ”, didirikan gedung SMA di Jalan Sumatra (Sekarang Jalan Gusti Johan Idrus), dan atas prakarsa “ YAYASAN KOPRA ” didirikan gedung SGA di Jalan Ekonomi (sekarang jalan Kalimantan). Sejak saat itu berpisah dan berpindahlah kedua anak kembar tadi untuk menempati rumah masing-masing. SMA tetap dipimpin oleh Bapak Djaisman dan SGA dipimpin oleh Bapak Yusuf Tjun.

1959

Pada tahun 1959, SMA Negeri Pontianak mempunyai adik kandung SMA sore, yang kemudian diberi nama SMA Khatulistiwa.

1965

Pada tahun 1965, SMA Khatulistiwa dialih statuskan menjadi SMA Negeri. Sejak saat itulah SMA Negeri ini menjadi SMA Negeri 1, dan adiknya bernama SMA Negeri 2 yang sekarang tinggal di Jalan R.E. Martadinata.

1989/1990

Pada awal tahun 1989/1990, gedung SPG Negeri di jalan Kalimantan diserahkan pengelolaannya kepada SMA Negeri 1 Pontianak. Sejak saat itulah di kenal istilah kampus I di jalan Johan Idrus, dan Kampus II di Jalan Kalimantan.

1990/1991

Pada awal tahun pelajaran 1990/1991 gedung SPG Negeri (Kampus 2) dinyatakan bovaleg, untuk selanjutnya dirobohkan dan dibangun gedung yang diproyeksikan sebagai wajah depan SMA Negeri 1 Pontianak. Tepat pada tanggal 16 Agustus 1991 menjelang HUT Proklamasi Kemerdekaan RI ke-46, gedung baru tersebut diresmikan oleh Gubernur KDH Tk. I Provinsi Kalimantan Barat, H. Parjoko Soerjokusumo, dan praktis pada awal tahun pelajaran 1991/1992 alamat sekolah ini berpindah dari Jalan Gusti Johan Idrus ke Jalan Kalimantan Pontianak. Pada saat yang hampir bertepatan, berakhirlah riwayat saudara kembar SMA Negeri 1 Pontianak, karena kebijaksanaan pemerintah telah menghapuskan keberadaan Sekolah Pendidikan Guru (SPG).

2014

Pada bulan Oktober 2014 Kampus II di Jalan Kalimantan dirobohkan kemudian dibangun gedung baru letter L mulai dari halaman di Jalan Johan Idrus hingga ke halaman di Jalan Kalimantan dengan wajah depan SMA Negeri 1 Pontianak menghadap Jalan Gusti Johan Idrus.

2016

Setelah pembangunan gedung baru selesai kemudian pada tanggal 06 Maret 2016 gedung baru tersebut diresmikan oleh Wali Kota Pontianak  H. Sutarmidji, SH., M.Hum, maka sejak saat itu alamat SMA Negeri 1 Pontianak berganti dari Jalan Kalimantan kembali lagi menjadi Jalan Johan Idrus hingga sekarang.

 

Kepala-Kepala SMA Negeri 1 Pontianak sejak tahun 1953 adalah :

  • Bapak Djaisman ( Alm) dari tahun 1953 s/d tahun 1955
  • Bapak Kiswirat, dari tahun 1955 s/d tahun 1957
  • Bapak Soewardjo, dari tahun 1957 s/d tahun1960
  • Bapak Herman Sowargo, dari tahun 1960 s/d tahun 1962
  • Bapak Uray Aliudin Yusba ( Alm), dari tahun1962 s/d tahun 1972
  • Bapak Walidi (alm), dari tahun 1072 s/d tahun 1976
  • Bapak Gusti Syamsumin, dari tahun 1976 s/d tahun 1982
  • Ibu Zainidar, dari tahun  1982 s/d tahun 1983
  • Bpk. H. Matnusin Harahap, BA, (Alm) dari tahun 1984 s/d Th 1987
  • Bapak .H.Sunarpo, SH.  dari tahun 1987 s/d tahun 1989
  • Ibu Dra. Rr. Sri Soekatidjah (Almh),  dari tahun 1989 s/d tahun   1996
  • Bpk. Drs. Susilo,  dari  Juli  1996 Sampai dengan April 1997
  • Bapak Drs. H. Ade Sulaiman,  dari tahun 1997 s/d tahun 2001
  • Bapak Drs. H. Marjono,  dari tahun 2001 s/d tahun 2004
  • Bakak Drs. H. Fadhil Hazimat,  dari tahun 2004 s/d 2009
  • Bapak Drs. H. Nurali, M.Pd.  dari tahun 2009 s/d Juli 2016
  • Ibu Fatmawati, M.Pd,  dari Oktober 2016 s/d Februari 2019
  • Ibu Dwi Agustina, S. Hut., M.Pd.  dari Mei 2019 s/d sekarang.

Visi SMAN 1 Pontianak

  • Berakhlak mulia, Unggul dalam prestasi, Berwawasan sosial dan Lingkungan

    .

Misi SMAN 1 Pontianak

  • Menciptakan keselarasan serta keseimbangan emosi dan intelektual berdasarkan akhlak mulia bagi peserta didik.

    .

  • Meningkatkan pembinaan akhlak dan budi pekerti luhur.

    .

  • Membentuk generasi yang terampil dan berintelektual tinggi sesuai dengan kemajuan IPTEK.

    .

  • Pengelolaan sekolah yang profesional, efektif dan efisien berbasis teknologi informasi dan komunikasi.

    .

  • Menciptakan lingkungan sekolah yang bersih, nyaman dan asri, dengan melakukan upaya penghijauan, mencegah pencemaran dan perusakan lingkungan

    .

  • Mewujudkan warga sekolah yang peduli lingkungan.

    .

  • Mewujudkan budaya efektif dan efisien dalam memanfaatkan sumberdaya alam.

    .

  • Mewujudkan sistem pembelajaran yang membangun karakter peduli dan berbudaya lingkungan hidup.

    .

Struktur Organisasi SMA N 1 Pontianak

Kenapa memilih SMAN 1 Pontianak

lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Quisque tincidunt, augue eget aliquet dictum, eros ex gravida nunc, eget vulputate enim eros at orci.

Fasilitasnya bagus dan mencukupi.

Smansa mempunyai 36 ruang kelas untuk siswa(i)nya. Selain itu juga dilengkapi dengan fasilitas penunjang pembelajaran akademik dan non-akademik, seperti laboratorium kimia-fisika-biologi, perpustakaan, ruang agama, lapangan futsal, lapangan voli, lapangan basket, dan beberapa ruangan untuk para ekstrakurikuler/organisasi beroperasi. Untuk fasilitas unumnya yaitu ruang Amphitheater, mushollah Al-Badar, Ruang UKS, dan beberapa ruang peradministrasian sekolah

Sekolah dan gurunya sangat mendukung muridnya untuk mengekspresikan dirinya

Guru-guru disini sangat mendukung sekali program sekolah yang ada, baik itu tentang event OSIS/organisasi-ekskullainnya maupun program sekolah lainnya. Bahkan terkadang mereka juga ikut terlibat pada program tersebut

Sekolah ramah anak

Lingkungannya yang sangat sehat, baik itu definisi lingkungan secara fisik maupun lingkungan secara ekosistem kehidupan sosialnya. Smansa sangat berusaha untuk memenuhi hak-hak anak dalam setiap aspek kehidupan secara terencana dan bertanggung jawab

Sekolah Favorit (skolah yang diidamkan oleh seluruh siswa).

Dari tahun ke tahun, nama Smansa selalu ada dalam peringkat sekolah terfavorit dan terbaik se-kalimantan barat. Bahkan menjadi sekolah Percontohan di Kalbar. Prestasi yang diukir setiap tahunnya tidak pernah mengecewakan nama SMAN 1 PONTIANAK.

Sekolah dengan alumni yang berkualitas

Jebolan alumninya yang berkualitas dan berkelas. Karena akreditas sekolah yang tidak perlu diragukan lagi itulah yang dapat terbukti dari alumninya yang selalu berhasil setelah lulus dari Smansa. Banyak pejabat tinggi yang merupakan jebolan sekolah ini. Jadi para alumni Smansa ini mereka tidak pernah mengecewakan almamaternya.

Ekskulnya dapat mengembangkan bakat dan minat siswa

Ada sekitar 28 Ekskul-Organisasi yang dimiliki Smansa sekarang. Itu semua dari berbagai jenis aspek, baik itu akademik maupun non-akademik. Sehingga bakat dan minat siswapun bisa tersalurkan melalui banyaknya pilihan untuk ekskul dan organisasi yang sudah ada. Dan semuanya masih aktif hingga saat ini, bahkan sering mengadakan kegiatan baik itu internal maupun eksternal.

Tenaga Pengajar SMAN 1 Pontianak

Rahmad Frasjoyo Pandi, S.Pd

Siti Nurwanti, S.Pd

Adi Abadi, ST

Amsal, S.Pd., M.Pd

Astin Maliku, S. Pd

Bambang Sapto Cahyono, S.Pd.

Budi Santoso, S.Pd.

Catur Rokhman,S.Ag,M.Pd

Dewi Fridawati,S.Pd

Dra. Sila Utami

Dra. Fitriani

Dra. Hj. Rahmiati, M.Pd.

Dra. Anggrainy

Yuliana Dwi Lestari, S.Pd

Etty Rochaety, S.P.

Dra. Hj. Sulfawarni

Erlinda,S.Pd

Dra. Klara

Dra. Nurjannah

Dwi Astutik, S. Pd

Ema Susanti,SP.M.Pd

Rosmalina, S. Pd

Saberta Simarmata, S.Pd

Sri Koryanti,S.Pd

Sri Sukwantini, S. Pd

Sri Supartini, S.P, M.Pd

Sukma Ngumbarawati,S.Sos

Sunarto, S.Pd

Surnadi, S.Pd

Tri Wijaya, S.Pd

Untung Surya,MA.Pd

Urai Mimmi Variami N.F, M.Pd

Utin Lisa Kurniawati, S.Pd., M.Pd

Utin Nurlina, M.Pd

Wawan Kurniawan, S.Pd

Wisnu Utamiarti, S.Pd., M.Pd

Wiwi Lasmanah, S. Pd

Yenni, M.Pd.

Yusi Narulita, S.Pd

Nila Sari, S.Pd

Lusi Eka Purnamasari, S.P., M.Pd

Rahmadiansyah, S.Pd

Jubaidah, S.Sos

Muhammad Aris Widodo, S.Pd

Drs. Bernadus

Abdul Razak, M.Pd

Ririn Hafsari, M.Pd

H. Solikhin Raheb, S.Pd

Rio Pratama, S.Pd

Fatmawati, S.Pd

Dra. Sumarsih

Murdanah

Legina Lestari, S.Pd

Drs. Muna Sukri, M.Pd

Mangit, S.Th, M.Pd.K

Evi Nurviana, S.Pd

Tata Tertib SMAN 1 Pontianak