Kegiatan Proyek Pelajar Pancasila SMA Negeri 1 Pontianak

Ditulis oleh Admin Smansa Pontianak

Pada tanggal Sabtu, 14 Mei 2022, SMA Negeri 1 Pontianak melaksanakan sebuah pameran dengan tema "Kana Kanaka di Balik Borneo" sebagai Proyek Profil Pelajar Pancasila 2022. Pameran ini diselenggarakan oleh siswa-siswi angkatan 69 (kelas X) dengan menunjukkan berbagai kerajinan tangan yang bertemakan kearifan lokal bernuansa Kalimantan dengan berbagai bentuk anyaman dan serbaguna berbahan tali samia. Kegiatan pameran ini berlangsung dari pukul 08.00 pagi hingga sekitar 12.00 siang. Tidak hanya itu, mereka juga menjual produk berupa makanan dan minuman berbahan dasar lidah buaya sebagai salah satu modal terbesar di Kalimantan Barat.

“Saya benar-benar senang untuk pameran hari ini, karena hasil kerja keras yang sudah kami berikan dari kerja sama tim antar anggota kelas kami membuahkan hasil, bahkan hasil kerajinan kelas kami banyak terjual dari pengunjung yang hadir di stan kami.” Ujar salah satu siswa kelas X yang terlibat dalam kegiatan pameran.

Pameran Proyek Profil Pelajar Pancasila ini turut mengundang siswa-siswi angkatan 68 (kelas XI) dan para guru untuk melihat-lihat bahkan mencoba produk yang mereka pamerkan. “Kesan saya setelah menghadiri pameran ini yaitu barang-barang yang di pamerkan menarik serta mereka dapat menjelaskan apa yang mereka buat dengan baik. Mereka berhasil memanfaatkan bahan seadanya untuk membuat barang yang keren-keren. Pamerannya juga berlangsung dengan lancar, setiap stan selalu dikunjungi pengunjung yang ramai ditambah layanan dari mereka yang baik semakin menambah daya tarik dari pamerannya.” Ujar salah satu siswa kelas XI yang berkunjung dalam pameran tersebut.

“Setelah saya mengunjungi setiap stan, saya melihat banyak hasil karya kerajinan yang telah dibuat seperti aerator sederhana, pembangkit listrik tenaga kinetik, kompor surya, pembangkit listrik tenaga air, pembangkit listrik tenaga uap, dan pupuk cair. Menurut saya yang paling menarik yaitu dari Pembangkit listrik tenaga kinetik, pengunjung diperkenankan untuk mencoba memutar tuasnya sendiri, setelah tuasnya di putar dengan kencang, dinamonya bisa menghidupkan lampu yang tersedia di situ. Saya harap semoga ada pameran seperti ini lagi dengan tema yang jauh lebih berinovasi sehingga siswa-siswi SMA Negeri 1 Pontianak dapat terus berkarya menghasilkan karya seni yang luar biasa.” tambahnya.

Selain itu, beberapa ekstrakurikuler juga turut membuka stand-stand untuk berjualan makanan ringan dan minuman dengan harga yang relatif murah. “Saya sangat senang pameran pada hari ini dapat berjalan dengan lancar dan ramai dikunjungi, saya juga bangga melihat teman-teman kelas 10 dapat menciptakan hasil kerajinan yang begitu menarik. Makanan dan minuman yang dijual dari berbagai ekstrakurikuler memiliki menu yang bervariasi dan enak untuk dinikmati. Saya berharap untuk kedepannya, sekolah dapat mewujudkan pameran seperti ini lagi dengan tema yang lebih menarik sehingga daya tarik pengunjung dapat meningkat.” Ujar salah satu siswi kelas XI yang ikut berkunjung dalam pameran ini.

 

Penulis : Albee Addeline Frans

Editor :  Angellica Brillianti Noyala

 

Artikel Terkait Lainnya

Hari batik Naional

Selengkapnya

Sosialisasi Program Sekolah Sebagai Bentuk Sinergitas SMAN 1 Pontianak dan Orang Tua Siswa

Selengkapnya

SMAN 1 Pontianak Memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW

Selengkapnya

Perekaman e-KTP

Selengkapnya

Penilaian Akhir Tahun

Selengkapnya

Aplikasi SafeExamBrowser for PAS Semester Ganjil 2022-2023

Selengkapnya